Pengembangan Media Pembelajaran Modul Klasifikasi Jalan dan Jembatan di Kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.350Kata Kunci:
Four D (4D), Klasifikasi Jalan dan Jembatan, Modul, Research and DevelopmentAbstrak
Penelitian ini bertujuan tujuan untuk mengatahui tahapan pengembangan media dalam bentuk modul dan mengetahui kelayakan dan validitas modul pada materi Klasifikasi Jalan dan Jembatan Mata Pelajaran Kontruksi Jalan dan Jembatan Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan model 4D yang terdiri dari empat fase: define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket. Pengujian produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil penelitian ini berupa modul cetak maupun modul digital. Hasil penelitian yaitu: (1) Berdasarkan kriteria penilaian ahli media didapatkan skor (x) = 125,5 dengan persentase kelayakan 85,7% (sangat layak), (2) Berdasarkan kriteria penilaian ahli materi didapatkan skor (x) = 78 dengan persentase kelayakan 89,2% (sangat layak), (3) Berdasarkan kriteria penilaian ahli bahasa didapatkan skor (x) = 46 dengan persentase kelayakan 96,6% (sangat layak), dan (4) Berdasarkan hasil respon yang diberikan oleh 15 orang siswa terhadap modul yang diberikan memiliki skor (x) = 90 dengan persentase kelayakan 90,3 (sangat layak).
Unduhan
Referensi
Departemen Pendidikan Nasional, ”Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003: Tentang Sistem Pendidikan Nasional”, Jakarta: Depdiknas, 2003.
Suyanto dan D. Hisyam, Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Milenium III, Yogyakarta: Adi Cipta, 2000.
R. Susilana, dan Riyana, C, Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian, Bandung: CV. Wacana Prima, 2009.
H. B. Uno, dan N. Lamatenggo, Teknologi Informasi dan Komunikasi Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.
A. Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Jogjakarta: Diva Press, 2012.
A. Majid, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
I. Irwandani, S. Latifah, A. Asyhari, M. Muzannur, & W. Widayanti, ”Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas X”, Jurnal Ilmiah Fisika Pendidikan Al-Biruni, vol. 6, no. 2, pp. 221-231, 2017, doi: http://dx.doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862.
K. A. Priyanthi, K. Agustini, & G. S. Santyadiputra, ”Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XITKJ SMK N 3 Singaraja)”, Jurnal KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 6, no. 1, pp. 40-49, 2017, doi : https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9267.
S. Dharma, Penulisan Modul, Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, 2008.
M. Wena, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012.
S.I. Gumilar, Pengembangan Modul Menulis Teks Diskusi Berbasis Strategi Metakognitif untuk siswa SMP Kelas VIII, Tesis, Bandung: Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, 2016.
A. Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Jogjakarta: Diva Press, 2012.
Daryanto, Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar), Yogyakarta : PT. Gava Media, 2013.
S. Thiagarajan, D. S. Semmel, and M. I. Semmel, Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children, Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education University of Minnesota, 1974.
S. Akbar, Instrumen Perangkat Pembelajaran, Bandung : Rosda, 2016.
Sukardjo, Hand-out Perkuliahan : Desain Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta : PPs Universitas Negeri Yogyakarta, 2008.