Implementasi Pembelajaran PAI di SMPIT Cahaya Hati Bukittinggi dengan Bantuan PPT dan Vidio Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.307Kata Kunci:
Islam terpadu, Pembelajaran PAI, SMPIT Cahaya HatiAbstrak
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui metode Pembelajaran PAI di SMPIT Cahayati Bukittinggi Sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran PAI di SMPIT Cahaya Hati Bukittinggi dilaksanakan sesuai kurikulum 2013 dan kurikulum JSIT, di mana penguasaan kemampuan akadamik melalui materi-materi PAI pada buku panduan kurikulum 2013 dan buku PAI JSIT dan pembiasaan praktek ibadah, penanaman niiai-nilai keimanan melalui program Bina Pribadi Islami (BPI) berupa mentoring KeIslaman. Ternyata materi PAI disamping menjadi subjek pembelajaran juga telah menjadi keterpaduan yang diberikan oleh semua guru/ustadz dan ustazah mata pelajaran lain dengan mengintegrasikan nilai-nilai keIslaman dan Aqidah kesemua mata pelajaran. Disamping itu pembelajaran tahfidz qur’an selama 10 jam pembelajaran sepekan menjadi warna kekhasan SMPIT Cahaya Hati yang turut membentuk kepribadian dan karakter Islami peserta didik mereka.
Unduhan
Referensi
M. A. Hascan and S. Suyadi, “Penerapan Teori Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran PAI Tingkat SMP Di SIT Bina Insan Batang Kuis,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 138–146, 2021.
A. Alvianto, “Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Dalam Situasi Pandemi Covid-19,” TA’DIBUNA J. Pendidik. Agama Islam, vol. 3, no. 2, pp. 13–26, 2020.
D. P. Sari, “Pemanfaatan NFT Sebagai Peluang Bisnis Pada Era Metaverse,” Akrab Juara J. Ilmu-ilmu Sos., vol. 7, no. 1, pp. 237–245, 2022.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2012.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
H. Aisah, U. Ruswandi, and B. S. Arifin, “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH TERPADU (IMPLEMENTASI PAI DI SMA MUTIARA BUNDA),” J. Ilm. Ar-Risalah Media Ke-Islaman, Pendidik. dan Huk. Islam, vol. 19, no. 1, pp. 11–19, 2021.
B. S. Bloom and D. R. Krathwohl, Taxonomy of educational objectives: The classification of educational goals. Book 1, Cognitive domain. longman, 2020.
I. Syafe’i, “Tujuan Pendidikan Islam,” Al-Tadzkiyyah J. Pendidik. Islam, vol. 6, no. 2, pp. 151–166, 2015.
A. Saefulloh, “Rehabilitasi Eks-Pecandu Narkoba Melalui Pendekatan Agama Islam,” Islam. Couns. J. Bimbing. Konseling Islam, vol. 2, no. 1, p. 43, 2018.
R. Kurniawan, “Sekolah Islam Terpadu Prespektif Multidisipliner,” Mamba’ul’Ulum, vol. 16, no. 1, pp. 40–51, 2020.
E. T. Yuliana and S. Sunarti, “Penerapan Pendekatan Pembelajaran TERPADU pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT),” Proc. Ser. Soc. Sci. Humanit., vol. 3, pp. 496–501, 2022.
V. R. Febrian and S. Yozi, “IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS PADA PROGRAM MENTORING BINA PRIBADI ISLAM DI SD IT QURRATAA’YUN BATUSANGKAR,” JISPE J. Islam. Prim. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 113–124, 2022.
B. Hermawan, L. Endang, and M. Apriana, “Peran media PPT untuk peningkatan minat belajar dalam pembelajaran kosakata bahasa mandarin,” J. Penelit. Pendidik., vol. 20, no. 2, pp. 183–191, 2020.
S. Maulani, N. Nuraisyah, D. Zarina, I. Velinda, and A. N. Aeni, “Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa,” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 2, no. 1, pp. 19–26, 2022.