Math Runner: Game Edukasi Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Febri Sutmo Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Bagas Ario Dewanto Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Muhammad Adam Mulyadi Mucoffa Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Yogiek Indra Kurniawan Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Bangun Wijayanto Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.286

Keywords:

edukasi, endless runner, game, matematika, unity

Abstract

Matematika adalah salah satu ilmu eksak yang wajib dikuasai oleh semua orang karena merupakan ilmu yang penting dan pasti ditemui di kehidupan sehari-hari. Namun demikian matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang dianggap rumit dan sulit dipahami oleh beberapa siswa. Hal ini mengakibatkan siswa enggan atau kurang tertarik untuk belajar matematika. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan membuat game bernama Math Runner yaitu game bergenre endless runner yang  dimasukkan unsur matematika di dalamnya agar terlihat menarik dan menambah minat siswa untuk belajar matematika. Pada game ini pemain diharuskan untuk berlari sambil menghindari rintangan, mengumpulkan coin dan menjawab dengan benar soal operasi matematika berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sehingga mendapatkan skor sebanyak-banyaknya. Dalam penelitian ini, metode pengembangan game yang digunakan adalah model pengembangan Game Development Life Cycle (GDLC). GDLC adalah suatu proses pengembangan sebuah game yang menerapkan pendekatan iteratif yang terdiri dari 6 fase pengembangan, dimulai dari fase inisialisasi/pembuatan konsep, preproduction, production, Testing (Alpha testing, Beta testing), dan realease. Pada pengujian black box diperoleh hasil valiv pada semua fiungsi yang ada sehingga game dapat dinyatakan berjalan dengan baik atau sesuai dengan keinginan developer. Kemudian pada User Acceptance Test, dari kuesioner yang dibagikan kepada 10 responden diperoleh rata rata persentase nilai setiap pertanyaan mencapai angka 89.5% dengan kategori ”Sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa game ini sudah layak untuk diimplementasikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. A. Fauzan, S. R. Pradana, M. Hikal, M. B. Ashfiya, Y. I. Kurniawan, and B. Wijayanto, “Implementasi Game Development Life Cycle Model Pengembangan Arnold Hendrick ’ s Dalam Pembuatan Game Puzzle-RPG Enigma ’ s Dungeon,” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 2, no. 2, pp. 113–126, 2022, doi: https://doi.org/10.54082/jiki.26.

A. M. Sanusi, A. Septian, and S. Inayah, “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android pada Barisan dan Deret,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 9, no. 3, pp. 511–520, 2020.

E. Sudihartinih and D. Rachmatin, “DESAIN GAME ONLINE MATEMATIKA MENGGUNAKAN HTML DAN FLASH DALAM PERKULIAHAN MULTIMEDIA PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBANTUAN E-LEARNING,” J. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 77–81, 2020.

Y. I. Kurniawan and M. F. Rivaldi, “Game Edukasi Pengenalan dan Pembelajaran Berhitung untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar,” J. Manaj. Inform., vol. 11, no. 1, pp. 47–59, 2021, doi: 10.34010/jamika.v11i1.4354.

Y. I. Kurniawan, D. P. Paramesvari, and W. H. Purnomo, “Game Edukasi Pengenalan Hewan Berdasarkan Habitatnya Untuk Siswa Sekolah Dasar,” J. Penelit. Inov., vol. 1, no. 1, pp. 57–66, 2021, doi: 10.54082/jupin.6.

F. Y. Al Irsyadi, S. Supriyadi, and Y. I. Kurniawan, “Interactive educational animal identification game for primary schoolchildren with intellectual disability,” Int. J. Adv. Trends Comput. Sci. Eng., vol. 8, no. 6, pp. 3058–3064, 2019, doi: 10.30534/ijatcse/2019/64862019.

Y. Aditama, D. Afriyantari, and P. Putri, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Ipa ( Ayo Mengenal Hewan Dan Tumbuhan ) Untuk Kelas 4 Sd Berbasis Android,” vol. 7, no. 1, pp. 1–7, 2019.

R. Nuqisari and E. Sudarmilah, “Pembuatan Game Edukasi Tata Surya Dengan Construct 2 Berbasis Android,” Emit. J. Tek. Elektro, vol. 19, no. 2, pp. 86–92, 2019.

F. Y. Al Irsyadi, D. Puspitassari, and Y. I. Kurniawan, “ABAS (Ayo Belajar Sholat)?: Game Edukasi Pembelajaran Sholat Untuk Anak Tuna Rungu Wicara,” J. Manaj. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 17–28, 2019, doi: 10.34010/jamika.v9i1.1537.

F. Y. Al Irsyadi, A. P. Priambadha, and Y. I. Kurniawan, “Game Edukasi Bahasa Arab Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV,” J. Manaj. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 55–66, 2020, doi: 10.34010/jamika.v10i1.2581.

F. Y. Al Irsyadi, L. D. Susanti, and Y. I. Kurniawan, “Game Edukasi Belajar Huruf Hijaiyah Untuk Anak Kelas 2 di Sekolah Luar Biasa Yayasan Rehabilitasi Tuna Rungu Wicara Surakarta,” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 43–54, 2021, doi: 10.54082/jiki.7.

F. Y. Al Irsyadi, R. Annas, and Y. I. Kurniawan, “Game Edukasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pengenalan Benda-Benda di Rumah bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar,” J. Teknol. dan Inf., vol. 9, no. 2, pp. 78–92, 2019, doi: 10.34010/jati.v9i2.1844.

S. Pamungkas, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Daring Pada Siswa Kelas VI Melalui Media Belajar Game Berbasis Edukasi Quizizz,” Maj. LONTAR, vol. 32, no. 2, pp. 57–68, 2020, doi: https://doi.org/10.26877/ltr.v32i2.7306.

S. Hidayatulloh, H. Praherdhiono, and A. Wedi, “Pengaruh Game Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 199–206, 2020, doi: 10.17977/um038v3i22020p199.

E. Nurhayati, “Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19,” J. Paedagogy, vol. 7, no. 3, pp. 145–150, 2020, doi: 10.33394/jp.v7i3.2645.

D. L. Fithri and D. A. Setiawan, “Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 1, pp. 225–230, 2017.

K. Permatasari and Y. Setiawan, “Meningkatkan Minat dan Berpikir Kritis Siswa Kelas 6 SD melalui Pengembangan Game The Rotation,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, no. 2, pp. 1408–1418, 2020, doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.606.

A. L. Nurjaman, M. T. Aziz, L. Rosmayani, I. A. Tiawan, and Y. I. Kurniawan, “Clean Up Day: Alat Permainan Edukatif Pengenalan Lingkungan untuk Taman Kanak-Kanak Berbasis Website,” J. Pesut Pengabdi. Untuk Kesejaht. Umat, vol. 2, no. 2, pp. 62–76, 2020, [Online]. Available: https://journals.umkt.ac.id/index.php/pesut/article/view/1635.

Y. Mayangsari, Mustika, and A. Sutanti, “Rancangan Bangun Game Edukasi Tebak Gambar Bagi Siswa SMPLB Insan Madani Metro,” J. Mhs. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 98–106, 2020.

M. Erfan and M. A. Maulyda, “Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Menggunakan Game Android,” PALAPA J. Stud. Keislam. dan Ilmu Pendidik., vol. 8, no. 2, pp. 418–427, 2020, doi: 10.36088/palapa.v8i2.925.

S. Ahdan, A. Sucipto, and Y. Agus Nurhuda, “Game untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk pada Anak (Multiple Intelligence) Berbasis Android,” Seminar Nasional Teknik Elektro UIN Sunan Gunung Djati Bandung (SENTER 2019), pp. 554–568, 2019.

A. Fenturi, J. Pragantha, and D. A. Haris, “PEMBUATAN GAME PLATFORM ENDLESS RUNNING ‘Ruiner’ BERBASIS WEB,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, vol. 9, no. 2, pp. 92–100, 2021, Accessed: Dec. 09, 2021. [Online]. Available: https://journal.untar.ac.id/index.php/jiksi/article/view/13112

M. Fahrullazi and R. Riwinoto, “Implementasi Penerapan MDA pada Game Endless Runner 2D CAVE RACER Berbasis Android,” JOURNAL OF APPLIED MULTIMEDIA AND NETWORKING, vol. 3, no. 2, pp. 19–29, Dec. 2019, doi: 10.30871/JAMN.V3I2.1636.

Nugroho, Deri Aditra, Harmastuti, Uminingsih. Membangun Game Edukasi “Mathematic Maze” Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Statistika Industri dan Komputasi, 2017, 2.01: 67-77.

N. Ceria and H. Sutopo, “Permainan Edukasi Operasi Hitung Matematika Berbasis Multimedia pada SD STRADA VAN LITH II,” KALBISCIENTIA Jurnal Sains dan Teknologi , vol. 7, no. 1, pp. 44–44, May 2020, doi: 10.53008/KALBISCIENTIA.V7I1.32.

R. Ramadan, Y. Widyani, Game Development Life Cycle Guide. ICACSIS 2013 ISBN: 978-979-1421-19-5; September 2013, 2016.

R.A. Krisdiawan. Implementasi Model Pengembangan Sistem Gdlc Dan Algoritma Linear Congruential Generator Pada Game Puzzle. Nuansa Informatika, 12 (2), 1–9. 2018.

Published

2023-05-15

How to Cite

Sutmo, F. ., Dewanto, B. A. ., Mulyadi Mucoffa, M. A. ., Kurniawan, Y. I., & Wijayanto, B. . (2023). Math Runner: Game Edukasi Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(4), 165-173. https://doi.org/10.52436/1.jpti.286