Pengaruh Penggunaan Massa Roller Roda Dua Terhadap Sepeda Motor Matic Dengan Kapasitas 110 CC
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.272Kata Kunci:
CVT, Daya, Dynotest, Massa roller, TorsiAbstrak
Kinerja CVT sangat ditentukan oleh roller. Roller pada sepeda motor matic memiliki berbagai macam varian ukuran massa roller. Dalam penggantian ukuran varian berat roller pada sepeda motor matic, seringkali dihadapkan dengan dua pilihan, yaitu untuk meningkatkan torsi atau daya mesin yang sesuai dengan medan tempuh. Dengan cenderungnya memilih untuk meningkatkan torsi sehingga mengakibatkan usia pakai sepeda motor menjadi menurun, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip kerja dan pengaruh variasi massa roller pada CVT terhadap sepeda motor matic Honda Beat 108cc PGM-FI. Motor yang digunakan adalah motor dengan mesin standar yang telah berusia 8 tahun pemakaian. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yaitu melakukan penggantian variasi massa roller dengan menggunakan roller bermassa 8 gram dan roller dengan massa 15 gram tanpa adanya perubahan pada mesin. Metode penelitian yang digunakan ini adalah dengan melakukan pengujian secara langsung untuk mencari tahu, menganalisa, serta menginformasikan hasil pengujian yang telah dilakukan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan alat dynotest. Dengan menggunakan dynotest hasil untuk mengetahui besar torsi dan daya dapat langsung diperoleh. Dan dari hasil eksperimen yang dilakukan terbukti bahwa roller 8 gram lebih sesuai untuk kebutuhan akselerasi awal oleh karena massanya yang ringan dapat dengan mudah meneruskan gerak sentrifugal dari putaran mesin. Dan untuk roller dengan massa 15 gram sangat sesuai digunakan untuk menambah kecepatan tinggi, oleh karena massanya yang lebih berat sehingga lebih kuat menekan drive pulley lebih jauh.
Unduhan
Referensi
K. R. Indonesia, “Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis (Unit), 2018-2020,” Badan Pusat Statistik.
K. N. C. Permana and W. D. Raharjo, “Pengaruh Penggunaan Variasi Berat Roller dan Pegas Pully Sekunder Pada CVT (Continuously Variable Transmission) Terhadap Daya, Torsi, dan Konsumsi Bahan Bakar Honda Beat PGM-FI Tahun 2013,” Automot. Sci. Educ. J., vol. 9, no. 2, pp. 30–35, 2020, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/asej
R. A. Anugrah, “Troubleshooting Analysis of CVT (Continuously Variable Transmission) System on Honda Beat Motorcycles,” Motiv. J. Mech. Electr. Ind. Eng., vol. 4, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.46574/motivection.v4i1.98.
E. kim Juwantara, J. Suwignyo, and H. S. Mangiri, “Pengaruh Penggunaan Roller Sepeda Motor Beat Terhadap Efektifitas Daya di Daerah Pegunungan,” J. Vocat. Educ. Automot. Technol. PENGARUH, vol. 2, no. 1, pp. 139–147, 2020.
M. A. Khan and Hadromi, “Automotive Science and Education Journal,” Automot. Sci. Educ. J., vol. 9, no. 1, pp. 25–30, 2020, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/asej
M. Variasi and R. Dan, “Uji Performa dan Emisi Gas Buang Motor Injeksi 4 Tak,” vol. 4, no. 2, pp. 70–76, 2022.
A. Prastiyo, D. Irawan, and K. Ridhuan, “Analisa pengaruh variasi berat roller dengan pegas CVT terhadap kinerja mesin sepeda motor matic 113 cc,” ARMATUR Artik. Tek. Mesin Manufaktur, vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2020, doi: 10.24127/armatur.v1i1.184.
E. M. Octavian and S. Priyanto, “Round Roller Dan Sliding Roller Continuously Variable Transmission Esp 150 Cc,” vol. 10, no. 3, pp. 1–8.
A. N. Akhmadi and M. K. Usman, “Analisis Pengaruh Berat Roller Standard Dan Racing Pada Sistem Cvt Terhadap Rpm Sepeda Motor Honda Beat Pgm-Fi Tahun 2015,” J. Rekayasa Mater. Manufaktur dan Energi, vol. 4, no. 1, pp. 22–31, 2021.
W. D. Pangestu, I. M. Nauri, and E. K. Mindarta, “Pengaruh Perubahan Panjang Alur Roller Terhadap Daya Dan Akselerasi Pada Sepeda Motor Matic 125 Cc Cbs Iss,” J. Tek. Otomotif Kaji. Keilmuan dan Pengajaran, vol. 5, no. 1, p. 21, 2022, doi: 10.17977/um074v5i12021p21-26.
P. Studi et al., “Standar Terhadap Akselerasi Sepeda Motor Beat Fi Di,” vol. 6, pp. 51–55, 2022.
A. Abidin and N. S. Pamungkas, “Pengaruh Variasi Massa Roller CVT terhadap Karakteristik Performa Motor Matic 110 cc dan 150 cc Menggunakan Dynamometer,” J-Proteksion J. Kaji. Ilm. dan Teknol. Tek. Mesin, vol. 7, no. 1, pp. 8–13, 2022, doi: 10.32528/jp.v7i1.8388.
A. Ishartanto, M. E. Anitasari, A. Hakim, and K. Mu, “Jurnal E-Komtek Effect of Changing Primary Fixed Sheave Angle and Roller Weight on Torque , Power , Top Speed , and Acceleration on Matic Motorcycles,” vol. 6, no. 2, pp. 327–336, 2022.
I. Ilmy and I. N. Sutantra, “Pengaruh Variasi Konstanta Pegas dan Massa Roller CVT Terhadap Performa Honda Vario 150 cc,” J. Tek. ITS, vol. 7, no. 1, 2018, doi: 10.12962/j23373539.v7i1.29829.
Y. D. Prasetyo and S. Suwahyo, “Pengaruh Variasi Spring Dan Massa Roller Continuously Variable Transmission (Cvt) Terhadap Performa Honda Vario 125Cc Pgm Fi,” J. Kompetensi Tek., vol. 12, no. 2, pp. 30–35, 2020, doi: 10.15294/jkomtek.v12i2.23511.
D. Halliday, R. Resnick, and G. H. Bowen, Fundamentals of Physics, vol. 25, no. 4. 1972. doi: 10.1063/1.3070817.
Shigley’s, Mechanical Engineering Design, 9th ed.