Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Sma Negeri 1 Waled

Penulis

  • Tonah SMAN 1 Waled, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.260

Kata Kunci:

Bahasa, Demontrasi, Editorial

Abstrak

Pengajaran bahasa Indonesia menempati bagian penting, mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SLTA) bahkan perguruan tinggi di bidang studi bahasa Indonesia didorong untuk mengkhususkan diri sesuai dengan kurikulum yang diterapkan. Dalam belajar mengajar, bahasa Indonesia juga digunakan dalam pengantar untuk memperkenalkan setiap mata pelajaran atau mata kuliah, hal ini menunjukkan bahwa bahasa Indonesia digunakan dalam setiap mata pelajaran yang tercantum dalam kurikulum. Pengamatan awal di SMAN 1 Waled menunjukan bahwa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan belajar untuk mendorong siswa berpartisipasi aktif dalam proses belajar mengajar adalah metode pembelajaran demonstrasi. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil berlajar siswa di SMAN 1 Waled dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks editorial. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, karena penelitian ini bertujuan untuk meberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi guru dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan emoat tahapan di setiap siklusnya. Penelitian tindakan kelas ini dilaukan di SMAN 1 Waled menunjukan adanya peningkatatan. Saat sebelum dilakukan penelitian, nilai rata-rata siswa adalah 56,15 dengan persentase kelulusan sebesar 11,54%. Nilai tersebut meingkat pada siklus I menjadi 74,61 dengan persentase kelulusan 50%, dan kembali meningkat secara signifikan pada siklus II menjadi 92,69 dengan persentase kelulusan 92,3%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. H. Bhidju, Peningkatan hasil belajar ipa melalui metode demonstrasi. Ahlimedia, 2020.

W. A. Djamaluddin, Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis, CV. Kaaffah Learning Center, Sulawesi Selatan, Pare-Pare, 2019.

O. Hamalik, Kurikulum serta pembelajaran, Jakarta Bumi Aksara, 2019.

A. M. Surur, Ragam Strategi Pembelajaran, Dilengkapi Dengan Evaluasi Formatif. Cv. Aa. Rizky, 2020.

S. Nurjan, Psikologi belajar, Wade Group, 2016.

H. Perbowosari, S. E. Hadion Wijoyo, and S. A. Setyaningsih, Pengantar Psikologi Pendidikan, Penerbit Qiara Media, 2020.

M. P. Haryanto, Evaluasi Pembelajaran (Konsep Dan Manajemen). UNY Press, 2020.

T. Silalahi, Evaluasi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2020.

P. S. Rahmat, Strategi Belajar Mengajar. Pt. Scopindo Media Pustaka, 2019.

H. Wibowo, Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri Cipta Media, 2020.

A. Kasaming, Supervisi Akademik dan Proses Pembelajaran. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2018.

Dalman, Keterampilan Menulis. Rajawali Pers, 2018.

D. R. H. W. Sanjaya, Penelitian tindakan kelas. Prenada Media, 2016.

M. Anugrah, Penelitian Tindakan Kelas:(Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Penerbit LeutikaPrio, 2019.

S. Arikunto, Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-14

Cara Mengutip

Tonah, T. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Sma Negeri 1 Waled. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(12), 513-519. https://doi.org/10.52436/1.jpti.260