Pengaruh Intensitas Cahaya dan Kemiringan Panel Terhadap Koefisien Laju Konveksi pada Pemanas Air Tenaga Surya

Penulis

  • Dimas Guunawan Prasetyo Program Studi Teknik Energi, Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Sriwijaya, Indonesia
  • M. Ramdan Okta Rian Program Studi Teknik Energi, Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Sriwijaya, Indonesia
  • Moh. Fakhri Athalah Kidam Program Studi Teknik Energi, Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Sriwijaya, Indonesia
  • Fatria Program Studi Teknik Energi, Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Sriwijaya, Indonesia
  • Ibnu Hajar Program Studi Teknik Energi, Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Sriwijaya, Indonesia
  • Sahrul Effendy Program Studi Teknik Energi, Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Sriwijaya, Indonesia
  • Erlinawati Program Studi Teknik Energi, Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Sriwijaya, Indonesia
  • Irawan Rusnadi Program Studi Teknik Energi, Jurusan Teknik Kimia, Politeknik Negeri Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.251

Kata Kunci:

Energi Terbarukan, Intensitas Cahaya, Kemiringan Panel, Pemanas Air Tenaga Surya

Abstrak

Indonesia sebagai salah satu negara dengan posisi geografis berada di garis khatulistiwa, membuat indonesia mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Konsumsi energi di Indonesia yang meningkat dan penggunaan sumber energinya yang dapat diperbaharui belum dimanfaatkan secara optimal, maka dari itu sinar matahari sebagai energi yang terbarukan dan ramah lingkungan digunakan sebagai media pemanas air bertenaga surya. Alat pemanas air tenaga surya merupakan alat untuk memanaskan air dengan memanfaatkan sumber energi matahari melalui panel kolektor. Dengan tingginya intensitas radiasi yang diperoleh yaitu sebesar 93000 Lux alat kolektor mampu menyerap panas dengan  lebih banyak sehingga menghasilkan temperatur yang paling tinggi yaitu 64°C. Intensitas Cahaya yang tinggi akan memberikan panas yang lebih maksimal pada proses pemanasan air dalam pipa kolektor dengan optimal. Pada sudut 25° dengan naiknya kemiringan dapat membuat perpindahan panas pada air lebih baik sehingga mampu menghasilkan temperatur air output tertinggi sebesar 64°C karena pada sudut 25° performa alat akan naik sehingga air yang lebih panas pada kolektor lebih mudah untuk mencapai tangki karena massa jenis air yang berada dibagian permukaan lebih mudah untuk bergerak naik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. Junaidi, T. Zulfadli, and M. Yusuf, "Kajian Perpindahan Panas Pada Solar Water Heater Dengan Sudut Kemiringan Kolektor 40 o," Jurnal Ilmiah Teknik Unida, vol. 2, pp. 69-74, 2021.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral "Handbook Of Energy & Economic Statistic of Indonesia”, Jakarta : Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, 2021.

Meriani, "Kajian Potensi dan Efisiensi Energi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Wilayah Pekanbaru," Surya Teknika, vol. 5, pp. 19-25, 2017.

M. R. Tumangke, W. Priharti, and D. K. Silalahi, "Rancang Bangun Sistem Pemanas Air Fotovoltaik," e-Proceeding of Engineering, vol. 8, no. 6, pp. 11463-11472

S. Sidopekso, "Studi Pemanfaatan Energi Matahari Sebagai Pemanas Air," Berkala Fisika, vol. 14, no. 1, pp. 23-26, 2012.

M. Darwin, I. Maulana, T. Syahrul, and M. Ibrahim, "Pengaruh Variasi Bentuk Plat Terhadap Performansi Solar Water Heater," Jurnal Teknik Mesin Unsyiah, vol. 8, no. 1, pp. 7-12, 2020.

J. F. Frengky, "Pembuatan Alat Pemanas Air Tenaga Surya Sederhana Untuk Mengetahui Laju Konveksi," Jurnal Fisika Universitas Pasir Pengaraian, 2016.

M. Manurung, and F. A. Irma, “Kandungan Aluminium dalam Kaleng Bekas dan emanfaatannya dalam Pembuatan Tawas,” Jurnal Kimia, vol. 4, no. 02, pp. 180-186, 2010.

Cengel, A. Yunus, and Moran, Thermodynamics an Engineering approach, Mcgraw-hill International Book Company, 2010.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-18

Cara Mengutip

Prasetyo, D. G. ., Okta Rian, M. R., Kidam, M. F. A. ., Fatria, F., Hajar, I. ., Effendy, S. ., Erlinawati, E., & Rusnadi, I. (2022). Pengaruh Intensitas Cahaya dan Kemiringan Panel Terhadap Koefisien Laju Konveksi pada Pemanas Air Tenaga Surya. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(11), 475-481. https://doi.org/10.52436/1.jpti.251