Pemanfaatan E-Book Interaktif untuk Menerapkan Adab-Adab Bersosial Media Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Penulis

  • Dini Novia Wahyuni Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Aisya Azzahra Saptani Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Inayah Septyani Dwi Pusparini Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.171

Kata Kunci:

Adab, Media sosial, Teknologi

Abstrak

Kemajuan teknologi telah memudahkan berbagai aktivitas di kehidupan sehari-hari. Salah satu dari sekian banyak hal yang terbantu oleh teknologi adalah jalannya komunikasi. Di era yang serba canggih ini komunikasi tidak lagi terbatas oleh ruang dan waktu. Setiap individu dapat saling berinteraksi meskipun terpaut jarak yang jauh. Hal itu dapat terwujud karena hadirnya berbagai platform interaktif yang bernaung di bawah satu istilah, media sosial. Namun di samping semua manfaat media sosial, terdapat beberapa poin negatif yang mempengaruhi perubahan moral penggunanya. Oleh karena itu, sebelum menggunakan media sosial, ada baiknya bagi kita untuk memahami adab-adab dan etika dalam bermedia sosial. Untuk mengetahui apakah adab-adab bermedia sosial sudah terimplementasi di antara kaula muda atau belum, maka penulis memutuskan untuk melakukan penelitian terhadap mahasiswa UPI Sumedang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design and Development. Berdasarkan hasil review oleh Mahasiswa UPI Kampus Sumedang, pemanfaatan ebook interaktif untuk menerapkan adab-adab bersosial media memiliki kualitas “Sangat Baik” dengan tingkat pencapaian 96%. Berdasarkan data tersebut, e-book interaktif ini dapat digunakan sebagai panduan dalam bermedia sosial tentu dengan menerapkan adab-adab bermedia sosial.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

T. S. Nurafifah, D. Safitri, A. Alida, and A. N. Aeni, “POKEDIS (PODCAST KEPEMIMPINAN DALAM ISLAM) SEBAGAI MEDIA EDUKASI MENGENAI KEPEMIMPINAN DALAM ISLAM BAGI KALANGAN MAHASISWA,” Al-Risalah, vol. 13, no. 2, pp. 306–323, 2022.

I. T. Solihatin, Y. Abidin, and N. M. Aljamaliah, “Pengembangan Media Video Motion Graphic dalam Pembelajaran Menulis Pantun pada Masa Pandemi Covid 19,” Diksa Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 7, no. 2, pp. 59–68, 2021.

N. D. Lestari, R. Hermawan, and D. Heryanto, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN POWTOON UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 3, no. 3, pp. 33–43, 2018.

I. Handayani, N. A. Damayanti, A. Anggraeni, A. P. Riadi, and A. N. Aeni, “Pengembangan Aplikasi Sipinter sebagai Media Pembentukan Karakter Islami bagi Anak SD dalam Upaya Preventif Degradasi Moral,” J. JENDELA Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 172–181, 2022.

A. Alfiana, E. Listiawati, and R. Faulina, “BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN ENDEDDITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL,” PiMathematics Educ. J., vol. 3, no. 2, pp. 92–99, 2020.

R. Ananda and Fadhilaturrahmi, “ANALISIS KEMAMPUAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD,” J. Basicedu, vol. 2, no. 2, pp. 11–21, 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-29

Cara Mengutip

Novia Wahyuni, D., Saptani, A. A. ., Pusparini, I. S. D. ., & Aeni, A. N. (2022). Pemanfaatan E-Book Interaktif untuk Menerapkan Adab-Adab Bersosial Media Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(6), 263-271. https://doi.org/10.52436/1.jpti.171