Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jig Saw terhadap Hasil Belajar Penjasorkes dengan Materi Bola Voli pada Kelas XII IPA-1 SMA Negeri 1 Susukan

Penulis

  • Muchyidin Bhrewira Darta SMAN 1 Susukan

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.161

Kata Kunci:

Jigsaw, Kooperatif, Voli

Abstrak

Dalam pembelajaran dibutuhkan sebuah motivasi yang dapat memicu semangat belajar agar mencapai hasil yang maksimal. Namun dengan menggunakan metode dan media yang sama pada saat pembelajaran, maka pengajaran menjadi kurang variatif dan menyebabkan peserta didik jenuh dalam proses belajar mengajar. Akibatnya, peserta didik kurang mendapatkan motivasi dan menyebabkan mereka kurang memahami apa yang telah mereka pelajari di kelas. Hal ini berpengaruh pada perkembangan prestasi peserta didik. Maka dari itu, diperlukan metode dan media pembelajran yang efektif untuk mencapai kompetensi tersebut. Dengan harapan setelah diterapkannya metode dan media pembelajaran itu akan meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Berdasarkan pada uraian diatas maka penelitian ini akan difokuskan pada Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jig Saw Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Dengan Materi Bola Voli Pada Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Susukan Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan observasi, pengukuran hasil belajar, dan hasil catatan lapangan.  Hasil dari dua siklus yang diterapkan, dapat menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jig saw mampu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasilnya dapat dilihat dari peningkatan hasil pre test ke post test, adanya peningkatan hasil penelitian pada setiap siklusnya. Peningkatan pada pra siklus dengan rata-rata kelas 55,83 dan persentase ketuntasan 16,66% menjadi 74,72 rata-rata kelas dan persentasenya menjadi 52,77% pada siklus I dan pada siklus II rata-rata kelas menjadi 82,77 dengan persentase 88,57%. Ada beberapa saran dari penelitian ini yang dapat digunakan untuk menjadi pertimbangan dalam menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jig saw untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

I. R. Apriyanti, S. Sumarlam, and S. T. Widodo, “PELANGGARAN PRINSIP KERJASAMA DALAM INTERAKSI SISWA DAN GURU DI SMA ABBS SURAKARTA,” Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0, pp. 164–168, 2019

A. W. Qalimulya, “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn dengan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) pada Materi HAM di Kelas XI SMA Negeri 1 Marabahan Tahun Ajaran 2013/2014,” J. Pendidik. Kewarganegaraan, vol. 5, no. 10, 2015.

A. F. Pakpahan et al., Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2020.

A. Suherman, “Pengaruh penerapan model kooperatif tipe jigsaw dan tgt (teams game tournament) terhadap keterampilan sosial dan keterampilan bermain bolavoli,” J. Pendidik. Jasm. Dan Olahraga, vol. 1, no. 2, pp. 8–15, 2016.

A. Emda, “Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran,” Lantanida J., vol. 5, no. 2, pp. 172–182, 2018.

S. M. Marbun, S. Th, and M. PdK, Psikologi Pendidikan. Uwais Inspirasi Indonesia, 2018.

E. R. Hilgard and G. H. Bower, “Theories of learning,” 1966.

R. Gagne, M. Leslie. J. Briggs and W. Wager. Cond. Learn, 1993

S. Muhibbin, Psikologi belajar, Jakarta PT. Raja Graf. Persada, vol. 53, 2003.

S. Nurjan, Psikologi belajar, Wade Group, 2016.

A. Lie, Cooperative Learning (Cover Baru). Grasindo, 2002.

H. Hobri and M. Pd, “Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru dan Praktisi,” Jember UPTD Balai Pengemb. Pendidik., 2007.

M. Muhson, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh Siswa MI RINGINSARI SANANKULON BLITAR,” IAIN Tulungagung, 2015.

T. Indarti, “Penelitian tindakan kelas (ptk) dan penulisan ilmiah.” Universitas Negeri Surabaya, 2008.

Z. Aqib and M. Chotibuddin, Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas:(PTK). Deepublish, 2018.

D. Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta PT. Bumi Aksara, 2008.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-27

Cara Mengutip

Bhrewira Darta, M. . (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jig Saw terhadap Hasil Belajar Penjasorkes dengan Materi Bola Voli pada Kelas XII IPA-1 SMA Negeri 1 Susukan. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(3), 143-150. https://doi.org/10.52436/1.jpti.161