Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.134Kata Kunci:
Media, Motivasi Belajar, Pembelajaran Terpadu, Video PembelajaranAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keberadaan media pembelajaran berbasis teknologi berupa video pembelajaran. Adanya video pembelajaran ini sebagai upaya motivasi belajar siswa dimana dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan siswa tidak merasa bosan selama pembelajaran berlangsung. Karena jarang sekali guru yang dalam kegiatan pembelajarannya menggunakan video. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan video sebagai media pembelajaran terpadu terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 1 Paniis yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket. Angket untuk mengukur motivasi belajar, respon siswa dan penyajian video dalam pembelajaran terpadu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penggunaan video dalam pembelajaran terpadu memberikan kontribusi yang baik terhadap motivasi belajar siswa, dilihat dari frekuensi kategori sangat setuju sebesar 67,25%, 2) Siswa memberikan respon yang kurang baik terhadap pembelajaran terpadu menggunakan video pembelajaran, dilihat dari frekuensi kategori sangat setuju sebesar 43,5%, 3) Penyajian video dalam pembelajaran terpadu telah disajikan dengan baik, dilihat dari frekuensi kategori sangat setuju sebesar 63% .
Unduhan
Referensi
A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
N. Sudjana, and R. Ahmad, Media Pengajaran. Bandung: PT Sinar Batu Algesino. 2010.
Y. Alami, “Media Pembelajaran daring pada Masa Covid-19,” Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 1, pp. 49-50, 2020.
T. Suryansyah, and Suwarjo. Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia. Volume 4-No 2 pp. 209-221, 2016. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe
Lexy. J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2000
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) (1st ed.). Alfabeta CV, 2016
I. Wijayani, E. Y. Haenilah, and Sugiman, “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V,” Jurnal Pedagogi, vol. 6, no. 6, pp. 3–7, 2017
A. Yudianto, “Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran,” Seminar Nasional Pendidikan 2017, pp. 234–237, 2017
Aquami, “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Penggunaan Sarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Ma Paradigma Palembang”, Istinbath, vol. 15, no, 2 pp. 45–69, 2016
R. Arianti, Indrawati, and I. Wicaksono, “Efektivitas Media Video Animasi Materi Pemanasan Global Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa”, Pendidikan Fisika, vol. 5 no. 2, 2020
D. A. Rahma, and Arwin, “Pengembangan Media Pembelajaran Video. Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), vol. 9, no. (3), pp. 1328–1334, 2021 doi: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36419/32383
Agustiningsih, “Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar,” Pedagogia?: Jurnal Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 50–58. 2015 doi: 10.21070/pedagogia.v4i1.72.
Kartini, K. Sepdyana, and I. N. T. A Putra, “Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android.” Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia vol. 4, no. 1, pp. 12, 2020. doi: 10.23887/jpk.v4i1.24981.
Humaidi, A. Qohar, and S. Rahardjo, “Respon Siswa Terhadap Penggunaan Video Youtube Sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika.” JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), vol. 10, no. 2, pp. 153. 2021. doi: 10.25273/jipm.v10i2.9108.
Fadhli, and Muhibuddin, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 24–29, 2015. doi: 10.24269/dpp.v3i1.157.
Williyana, B. A Irma, Y. N. Kholisho, and A. Fathoni, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Interaktif Pada Mata Pelajaran.” EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika vol. 2, no. 2, pp. 52, 2018. doi: 10.29408/edumatic.v2i2.869.
Ilsa, Aulya, F. Farida, and M. Harun. “Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Powerdirector 18 Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu vol. 5, no. 1, pp. 288–300, 2020. doi: 10.31004/basicedu.v5i1.643.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Nisa Nuraisyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.