Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa

Penulis

  • Siska Maulani Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Nisa Nuraisyah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang
  • Dini Zarina Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Intan Velinda Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.134

Kata Kunci:

Media, Motivasi Belajar, Pembelajaran Terpadu, Video Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keberadaan media pembelajaran berbasis teknologi   berupa video pembelajaran. Adanya video pembelajaran ini sebagai upaya motivasi belajar siswa dimana dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan siswa tidak merasa bosan selama pembelajaran berlangsung. Karena jarang sekali guru yang dalam kegiatan pembelajarannya menggunakan video. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan video sebagai media pembelajaran terpadu terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 1 Paniis yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket. Angket untuk mengukur motivasi belajar, respon siswa dan penyajian video dalam pembelajaran terpadu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penggunaan video dalam pembelajaran terpadu memberikan kontribusi yang baik terhadap motivasi belajar siswa, dilihat dari frekuensi kategori sangat setuju sebesar 67,25%, 2) Siswa memberikan respon yang kurang baik terhadap pembelajaran terpadu menggunakan video pembelajaran, dilihat dari frekuensi kategori sangat setuju sebesar 43,5%, 3) Penyajian video dalam pembelajaran terpadu telah disajikan dengan baik, dilihat dari frekuensi kategori sangat setuju sebesar 63% .

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

N. Sudjana, and R. Ahmad, Media Pengajaran. Bandung: PT Sinar Batu Algesino. 2010.

Y. Alami, “Media Pembelajaran daring pada Masa Covid-19,” Tarbiyatu wa Ta'lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 1, pp. 49-50, 2020.

T. Suryansyah, and Suwarjo. Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia. Volume 4-No 2 pp. 209-221, 2016. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe

Lexy. J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2000

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) (1st ed.). Alfabeta CV, 2016

I. Wijayani, E. Y. Haenilah, and Sugiman, “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V,” Jurnal Pedagogi, vol. 6, no. 6, pp. 3–7, 2017

A. Yudianto, “Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran,” Seminar Nasional Pendidikan 2017, pp. 234–237, 2017

Aquami, “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Penggunaan Sarana Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Ma Paradigma Palembang”, Istinbath, vol. 15, no, 2 pp. 45–69, 2016

R. Arianti, Indrawati, and I. Wicaksono, “Efektivitas Media Video Animasi Materi Pemanasan Global Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa”, Pendidikan Fisika, vol. 5 no. 2, 2020

D. A. Rahma, and Arwin, “Pengembangan Media Pembelajaran Video. Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), vol. 9, no. (3), pp. 1328–1334, 2021 doi: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36419/32383

Agustiningsih, “Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar,” Pedagogia?: Jurnal Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 50–58. 2015 doi: 10.21070/pedagogia.v4i1.72.

Kartini, K. Sepdyana, and I. N. T. A Putra, “Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android.” Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia vol. 4, no. 1, pp. 12, 2020. doi: 10.23887/jpk.v4i1.24981.

Humaidi, A. Qohar, and S. Rahardjo, “Respon Siswa Terhadap Penggunaan Video Youtube Sebagai Media Pembelajaran Daring Matematika.” JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), vol. 10, no. 2, pp. 153. 2021. doi: 10.25273/jipm.v10i2.9108.

Fadhli, and Muhibuddin, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 24–29, 2015. doi: 10.24269/dpp.v3i1.157.

Williyana, B. A Irma, Y. N. Kholisho, and A. Fathoni, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Interaktif Pada Mata Pelajaran.” EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika vol. 2, no. 2, pp. 52, 2018. doi: 10.29408/edumatic.v2i2.869.

Ilsa, Aulya, F. Farida, and M. Harun. “Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Menggunakan Aplikasi Powerdirector 18 Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu vol. 5, no. 1, pp. 288–300, 2020. doi: 10.31004/basicedu.v5i1.643.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-24

Cara Mengutip

Maulani, S. ., Nuraisyah, N., Zarina, D. ., Velinda, I. ., & Aeni, A. N. . (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 19-26. https://doi.org/10.52436/1.jpti.134