Efektivitas Kurikulum Terpadu Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Penulis

  • Maudy Nuraini Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Septi Ega Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Risal Kristiana Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Firdaus Abdul Ghafar Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.120

Kata Kunci:

Kurikulum, Kurikulum Terpadu, Pemahaman Siswa, Pendidikan, Prestasi Belajar

Abstrak

Dalam sebuah pendidikan antara manusia dengan pendidikan tidak bisa dipisahkan. Manusia memiliki akal yang pada hakikatnya untuk memperoleh pendidikan. Pendidikan merupakan usaha untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu meningkatkan kualitas hidupnya dengan baik. Di dalam lembaga formal seperti sekolah pendidikan berpatokan pada kurikulum yang diberlakukan. Kurikulum merupakan suatu pedoman yang memiliki kedudukan yang penting untuk pendidikan. Kurikulum yang dibuat oleh pemerintah sebagai landasan yang selalu diperbaharui tiap beberapa tahun sekali guna mengikuti proses perkembangan dan tuntutan dari lembaga pendidikan. Kurikulum terpadu merupakan kurikulum yang bercirikan dengan mengintegrasikan sejumlah mata pelajaran melalui keterkaitan diantara tujuan, isi, keterampilan dan sikap yang mana tidak terpisah-pisah. Dengan adanya kurikulum terpadu diharapkan dapat memajukan kualitas pendidikan di sekolah. Pada faktanya masih terdapat kekurangan dalam penerapan kurikulum terpadu dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektivan kurikulum terpadu dalam peningkatan prestasi belajar siswa di sekolah dasar. Dengan responden sebanyak 30 orang, yaitu guru SD yang ada di Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan berupa survei dengan instrument berupa google form. Dalam hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru SD di sumedang menyetujui keefektivan belajar siswa di sekolah walaupun masih ada dampak negatif dari penerapan kurikulum terpadu untuk pemahaman siswanya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Tim Jurnalis Alam Lampung, “Sekolah Asyik,” dalam Sekolahku yang Terindah di Sai Bumi Ruwa Jurai, Bandar Lampung, Yayasan Sekolah Alam Lampung, 2013.

M. Mahbubi, “Implementasi Pembelajaran Terpadu di Pondok Pesantren,” Pustaka Ilmu, vol. 1, pp. 20-25, 2012.

Suhendi and S. Murdiani, Buku Putih Tentang Sekolah Alam, Jakarta, Sou Publisher, 2010.

Sutirjo and S. I. Mamik, Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004, Malang, Bayumedia Publishing, 2011.

A. H. Hernawan and N. Resmini, Pembelajaran Terpadu, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2012.

B. Bungin, Penelitian Kualitatif, Jakarta, Prenada Media Group, 2007.

H. Usman, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta, Bumi Aksara, 2010.

A. Winda, Praktek Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar, Cirebon, Mentari Jaya, 2019

M. Rachman, Strategi dan langkah-langkah Penelitian, Semarang, IKIP Semarang Press, 2011

S. Hadi, Metodologi Riset, Yogyakarta, Andi Offset, 1990.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-16

Cara Mengutip

Nuraini, M., Ega, S., Kristiana, R., Ghafar, F. A. ., & Aeni, A. N. (2022). Efektivitas Kurikulum Terpadu Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(2), 57-62. https://doi.org/10.52436/1.jpti.120